Profile Perusahaan

Tentang Perusahaan

Profil Perusahaan
PT HAKAASTON

PT Hakaaston didirikan sebagai bagian dari rencana pengembangan usaha Hutama Karya yang bergerak di bidang usaha aspal beton (hot mix), beton ready mix, jasa konstruksi, dan perdagangan.

PT Hakaaston merupakan anak perusahaan Hutama Karya yang bergerak dalam usaha penyediaan berbagai macam produk untuk keperluan pembangunan sarana jalan raya, bandara, jalan lingkungan, gedung parkir, dan lain-lain. Pada awalnya, Hutama Karya memiliki beberapa pabrik pencampuran aspal (Asphalt Mixing Plant/AMP) yang kemudian pada tahun 2010, semua AMP milik Hutama Karya dilebur dan digabungkan menjadi satu anak perusahaan tersendiri dengan nama PT Hakaaston.

Sejalan dengan terus bertumbuhnya pasar infrastruktur di Indonesia, Hakaaston diberikan mandat untuk menjelajahi menembus pasar-pasar baru. Produk yang dihasilkan meliputi aspal beton, lapisan fondasi agregat kelas A dan kelas B, batu pecah untuk campuran beton, serta perdagangan aspal. Perusahaan juga melayani jasa penghamparan dan pemadatan hot mix. Sementara itu lokasi unit-unit produksi memiliki AMP (Asphalt Mixing Plant), Stone Crusher, alat penghamparan, dan alat-alat laboratorium yang memadai. Lokasinya saat ini tersebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Maluku.

Business Milestone

2019 - 2020

PENGEMBANGAN BISNIS ORGANIK & ANORGANIK

Potensi pasar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang besar dan mengalami percepatan target penyelesaian ruas tol menuntut akan kepastian ketersediaan material strategis seperti aspal, besi beton, baja dan agregat yang berkualitas. Sehingga dalam pengamanan material strategis tersebut PT HAKAASTON melakukan pengembangan bisnis secara organik dan anorganik untuk memperkuat backward integration.

PT HAKAASTON telah berhasil melakukan akuisisi PT Bhirawa Steel yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur produsen besi beton dengan mutu tinggi yang terletak di Surabaya sebagai langkah strategis perusahaan menyerap kebutuhan pasar besi beton.

Selanjutnya PT HAKAASTON melakukan akuisisi terhadap perusahaan produsen spesialis Readymix yakni PT Semen Indogreen Sentosa dan akuisisi terhadap perusahaan produsen spesialis baja PT Armindo Catur Pratama yang dieksekusi pada Tahun 2020 untuk mendukung penyerapan pasar JTTS akan kebutuhan Readymix dan material baja. Disamping itu ketiga perusahaan tersebut juga telah memiliki market eksternal tersendiri.

Selain itu juga PT HAKAASTON melakukan pengembangan bisnis organik dengan mendirikan Tangki Aspal Curah (TAC) dan Stone Crusher.

2018

RAPID GROWTH

Sejalan dengan penugasan pekerjaan JTTS dan keberhasilan penetrasi pasar retail eksternal, PT HAKAASTON mengalami pertumbuhan pendapatan yang signifikan. Di tahun yang sama juga PT. HAKAASTON melakukan perubahan Visi, Misi, dan Value perusahaan serta dilakukan pengesahan RJPP.

Sehingga mendukung pengembangan bisnis organik maupun anorganik untuk memperlebar sayap sebagai manufaktur konstruksi pendukung dalam menangkap captive market dan juga menjaga sustainability perusahaan.

2017

JALAN TOL TRANS SUMATRA (JTTS)

PT HAKAASTON mendapatkan kepercayaan untuk ikut serta dalam mensukseskan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) sepanjang 2.765 kilometer yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero).

Berbagai produk manufaktur konstruksi pendukung PT HAKAASTON diaplikasikan pada setiap ruas JTTS.

2016

PENGEMBANGAN BISNIS

6 tahun berjalan PT Hakaaston memperlebar bisnis usaha Precast dan Readymix dengan mendirikan pabrik precast spunpile di Bojonegara, Banten dan Batching Plant (BP) di beberapa wilayah.

2010

PENDIRIAN

Sebagai anak perusahaan dari PT Hutama Karya (Persero) PT Hakaaston berdiri pada tanggal 25 November tahun 2010 dengan memulai usaha dibidang Hotmix.

Konten Tentang Perusahaan Lainnya