Media Center

Tentang Hakaaston

Profil

Lihat profil perusahaan
Media Center

Media komunikasi dan informasi Hakaaston dengan Anda

Mudik Lebaran 2024 , Hampir 1 Juta Kendaraan Lintasi Tol Medan-Binjai

 

Binjai, Sumatera Utara – Selama arus mudik lebaran 2024, PT. Medan Binjai Toll mencatat sebanyak 931.580 kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) khususnya di ruas tol Medan-Binjai. Kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan kecil atau golongan I.

General Manager Technical Operation and Maintenance (TOM) PT. Medan Binjai Toll, Peri Joni, menyampaikan data tersebut didapat selama periode 1-20 April 2024. Data ini mengalami kenaikan sebesar 22,57 persen terhadap volume lalulintas normal. Sedangkan jika dibandingkan dengan data volume kendaraan pada lebaran tahun 2023 lalu, pergerakan kendaraaan mengalami penurunan sebesar 8,15 persen.

“Datanya hampir menyentuh 1 juta atau naik sebesar 22 persen jika dibandingkan pada volume lalu lintas normal,” kata General Manager Area TOM PT. Medan Binjai Toll, Peri Joni, dalam keterangannya, Rabu (24/4/2024).  Medan Binjai Toll mencatat bahwa puncak arus mudik lebaran tahun 2024 terjadi pada hai Sabtu tanggal 6 April 2024 (H-4 lebaran) dengan total kendaraan yang melintas 48.161 kendaraan. Sedangkan puncak arus balik lebaran tahun 2024 terjadi pada hari Minggu tanggal 14 April 2024 (H+4 lebaran) dengan jumlah kendaraan yang melintas 58.845 kendaraan.

Selama lebaran tahun 2024, arus mudik dan balik berjalan lancar serta tidak ada kasus kecelakaan yang terjadi di jalan tol ruas Medan-Binjai. Sebelumnya PT. Medan Binjai Toll telah melaksanakan operasi Over Dimensian Over Load (ODOL), Microsleep atau mengantuk dan operasi simpatik terhadap pengguna jalan sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi lebaran 2024.

PT Medan Binjai Toll bekerjasama dengan HKA selaku penyedia jasa layanan operasi  terus mengimbau untuk selalu mematuhi rambu lalulintas dan memastikan saldo E-Toll tercukupi untuk menghindari potensi kemacetan di gerbang tujuan demi kelancaran serta kenyamanan perjalanan seluruh pengguna jalan. (End)

Sekilas Tentang Ruas Tol Medan-Binjai

Ruas Tol Medan-Binjai memiliki peran strategis dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan 2 (dua) kota besar di Sumatera Utara dengan panjang 17,3 KM. PT. Medan Binjai Tol adalah Badan Usaha Milik Jalan Tol (BUJT) yang melakukan pengusahaan di Jalan Tol Medan-Binjai dan HKA yang menjadi penyedia jasa layanan operasi Jalan Tol Medan-Binjai. Keberadaan Ruas tol Medan-Binjai turut memberikan dampak meningkatkan pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat dengan mempersingkat jarak dan waktu tempuh pendistribusian barang dan jasa baik dari sektor pertanian, perkebunan, hingga perdagangan.

Scroll to Top